-->

PERBEDAAN TEKNIK LISTRIK DAN TEKNIK ELEKTRO

Teknik elektro itu mempelajari teknik listrik ya..? Pertanyaan ini atau sebaliknya seringkali muncul di tengah masyarakat yang masih awam. Teknik listrik dan teknik elektro merupakan bidang keilmuaan teknik, yang mempelajari perancangan, pemanfaatan, perbaikan hingga pengelolaan tenaga listrik.

Dalam dunia industri teknik elektro dikenal sebagai teknik listrik, namun sebenarnya ada perbedaan antara teknik listrik dan teknik elektro.

Lalu, apa itu teknik listrik dan teknik elektro?

Teknis listrik dan teknik elektro merupakan bagian dari ilmu teknik yang membahas aplikasi listrik. Tahukah kamu? Ada sejarah panjang di balik jurusan yang ada di sekolah menengah kejuruan (SMK) atau di universitas.

Berawal pada saat Thomas Alva Edison, ilmuan yang menciptakan lampu pijar dengan penggunaan praktis itu, ketika tahun 1879. 
Edison, kemudian dalam beberapa tahun membangun sistem distribusi listrik arus yang searah di sekitar New York, dan mampu menyuplai sekitar 400 lampu.

Di akhir 1880-an, mulailah berkembang distribusi arus listrik yang menggunakan arus bolak-balik, bahkan hingga saat ini masih digunakan. Seiring perkembangan zaman, teknik listrik menjadi bidang satu-satunya yang secara khusus berkaitan dengan pembangkitan dan transmisi daya listrik dari satu tempat ke tempat lain. Hebatnya, ini menjadi spesialis tertua pada teknik listrik.

Ilmu teknik listrik berkaitan dengan konsep, perancangan, produksi dan pengembangan perangkat listrik, yang tentu sangat dibutuhkan masyarakat saat ini. Jika mengingat pentingnya tenaga listrik untuk memberi penerangan dan membantu kegiatan masyarakat, tak heran jika saat ini insinyur listrik sangat berperan.

Keterlibatan kaum profesional di bidang listrik itu sangat dibutuhkan dalam mengembangkan dan memberikan penerangan terutama di daerah terpelosok. Bahkan, insinyur listrik berperan dalam memajukan teknologi tinggi di dunia komputer, laser, energi, telekomunikasi, hingga penjelajahan angkasa, serta aplikasi lainnya pada perangkat dan sistem elektronik.

Sedangkan teknik elektro adalah ilmu yang mempelajari kelistrikan yang meliputi arus lemah, arus kuat hingga arus listrik searah serta bolak-balik. Jika dijelaskan secara definisi, teknik elektro adalah bagian dari ilmu teknik atau rekayasa yang membahas sifat-sifat elektron serta peng-aplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari.

Teknik elektro memiliki cakupan yang sangat luas, yaitu hampir meliputi seluruh bidang yang berkaitan dengan pemanfaatan listrik serta teknologi yang terkait pula. Bahkan, karena pembahasan yang ada pada teknik elektro ini sangat luas, sehingga dapat dibagi menjadi beberapa konsentrasi, yakni teknik listrik, teknik elektronika, teknik telekomunikasi, teknik kendali, teknik komputer, dan teknik instrumen.

Tak hanya fokus pada bidang tersendiri, teknik elektro juga berkaitan dengan bidang disiplin ilmu lainnya, sebut saja bidang kedokteran yang dikenal elektromedis, instalasi listrik bangunan yang berkaitan dengan teknik sipil, dan lainnya.

Nah, itu dia sekilas penjelasan terkait perbedaan teknik listrik dan teknik elektro. Namun, keduanya menjadi jurusan yang diminati di berbagai universitas, terutama di Indonesia. Tentu saja, selain prospek kerja yang menjanjikan, tenaga teknik listrik dan teknik elektro sangat dibutuhkan saat ini.

Jika berbicara tentang prospek kerja, lulusan teknik elektro dan teknik listrik sangat berpeluang untuk berkarir di dunia kerja. Terlebih lagi, di zaman dengan teknologi yang kian berkembang saat ini. Lulusan teknik elektro dan teknik listrik sangat dibutuhkan, dalam berbagai bidang.

Sebab itu, mahasiswa jurusan teknik listrik ataupun teknik elektro sangat disambut dan dinantikan kelulusannya untuk segera bergabung dengan perusahaan tertentu, tidak menutup kemungkinan perusahaan besar. Apalagi jika kamu memiliki catatan prestasi memukau ketika berkuliah. Sebut saja, badan usaha milik negara atau BUMN. Di sektor swasta, lulusan teknik elektro dan teknik listrik sangat diterima, seperti di perusahaan perminyakan, pertambangan, telekomunikasi, kelistrikan, sektor konstruksi, terutama di saat Indonesia tengah gencar melakukan pembangunan di sana-sini.

Kemudian, lulusan teknik elektro dan teknik listrik juga sangat dinantikan bagi perusahaan di bidang penerbangan, perusahaan perkebunan. Bahkan menjadi dosen dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) juga memberi kesempatan untuk lulusan teknik elektro dan teknik listrik. 

Jadi, teknik elektro dan teknik listrik memiliki artian yang tidak jauh berbeda dan keduanya berada pada bidang keilmuan teknik yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "PERBEDAAN TEKNIK LISTRIK DAN TEKNIK ELEKTRO"

Marsya said...

mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel